RPP KELAS 2 SEMESTER 1 DAN 2 K13

Gambar
INDAHNYA BERBAGI .... by : ERWIN NOGORI Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Suatu kegiatan pembelajaran, diperlukan sebuah rencana agar pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik. Berikut dijelaskan beberapa hal mengenai RPP. Pengertian RPP Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus (Kunandar, 2011: 263). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.  Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pem

SUMBER DAYA ALAM DI 5 BENUA


BY : ERWINNOGORI

SUMBER DAYA ALAM DI 5 BENUA
BENUA ASIA



Benua Asia mempunyai banyak lembah sungai besar yang subur dan terletak pada pertemuan jalur sirkum pasifik dan mediteranian. Sebagai akibatnya, Benua Asia mempunyai potensi alam yang menonjol di bidang pertanian dan pertambangan.
- Pertanian
Daerah pertanian potensial di Benua Asia, terdapat di daerah sekitar lembah sungai besar. Kalian bisa lihat, di Asia tenggara banyak negara-negara yang menghasilkan padi, terutama Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Sedangkan Asia bagian Selatan yang memiliki hasil padi adalah India, Bangladesh, dan Pakistan. Selain itu India juga memiliki sumber daya alam seperti sorgum, gandum, dan kapas. Kemudian di Asia Tengah terkenal dengan hasil utamanya yaitu gandum, kapas, dan buah-buahan. Sedangkan Asia Barat adalah penghasil utama beras dan kopi.
- Pertambangan
Hasil-hasil pertambangan yang menonjol di Benua Asia adalah minyak bumi. Negara-negara penghasil minyak bumi terdapat di Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Untuk timah putih terdapat di Negara Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Kemudian batubara terdapat di Siberia, Jepang, dan Indonesia. Selain itu beberapa daerah penting seperti Semenanjung Korea pun mengandung mineral seperti biji besi, batubara, emas, perak, timah hitam, seng, wolfram, dan grafit.
-  Sumber Daya Laut
Garam, ikan, tumbuhan, terumbukarang, fosfat, ombak, pasang surut air laut, mutiara, plankton, minyak lepas pantai.

BENUA AFRIKA

Benua Afrika mempunyai potensi yang menonjol juga lho pada bidang pertanian dan pertambangan. Berikut ini adalah persebarannya:
- Pertanian
Pertanian di Benua Afrika terdapat pada lembah sungai besar seperti lembah sungai Oranye yang terdapat di Afrika Selatan. Lembah Sungai Zambesi terdapat di Zambia dan Mozambik. Lembah sungai Niger terdapat di Nigeria. Lembah sungai kongo terdapat di Zaire.
Hasil-hasil pertanian di lembah sungai tersebut antara lain: buah-buahan, jagung, kacang, ubi jalar dan padi. Kapas, jagung dan kopi terdapat di Ethiopia dan Sudan.
- Pertambangan
Sebagian Besar daerah Benua Afrika berupa dataran tinggi yang keras dan luas. Namun, daerah ini mempunyai kekayaan tambang alam yang besar. Barang tambangnya antara lain tembaga, emas, uranium, dan timah yang terdapat di Zaire. Kemudian di Negara Sudan terdapat mangan, krom, minyak bumi, tembaga, gas alam, dan emas. Emas, tembaga, mangan, dan platina terdapat di Ethiopia. Minyak bumi, batubara, timah, biji besi, batu pualam, dan batu kapur terdapat di Nigeria.

BENUA EROPA

Keadaan alam Benua Eropa sangat kompleks. Hal ini menyebabkan potensi alamnya bervariasi. Potensi alam di Benua Eropa yang sangat menonjol yaitu dalam bidang pertanian, pertambangan dan perikanan. Berikut potensi dan sebarannya.
- Pertanian
Pertanian di Eropa maju karena lokasinya di daerah lembah sungai-sungai besar, misalnya lembah Sungai Rhone dan Seine di Perancis dan lembah Sungai Rheine di Jerman. Hasil pertaniannya adalah jagung, gandum, barley, terigu, kacang, dan tembakau.
- Pertambangan
Hasil pertambangan yang utama di Eropa adalah biji besi. Biji besi ini terdapat di Yunani, Perancis, Hungaria, dan Serbia Montenegro (Yugoslavia). Batubara terdapat di Cekoslovakia, Rusia, Inggris, Perancis, dan Jerman.
- Perikanan
Benua Eropa terletak di sekitar samudra Atlantik, Laut utara, dan Laut tengah. Lokasi yang demikian sangat memungkinkan usaha di bidang perikanan. Daerah potensial perikanannya terdapat di Norwegia, Islandia, Rusia, Inggris dan Irlandia dengan jenis ikan utama yaitu ikan Haring.

BENUA AMERIKA

Wilayah Benua Amerika dilalui oleh jalur pegunungan muda Sirkum Pasifik. Bentuk wilayahnya yang memanjang dari Utara sampai Selatan, menyebabkan Benua Amerika mempunyai variasi iklim, ada iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin. Potensi alam dibidang Pertanian dan Pertambangan telah diolah dan dilakukan menggunakan teknologi modern. Lalu, negara mana sajakah di Benua Amerika yang memiliki potensi SDA pertanian dan pertambangan?
- Pertanian
Hasil pertanian berupa padi terdapat di daerah Lousiana, California, Georgia, Carolina, dan Texas. Kemudian kapas terdapat di daerah Lousiana, Oklahoma, Texas, Arkansas, Nevada, Georgia, dan Alabama. Kopi dihasilkan dari daerah Argentina, Kolumbia, Elsavador, dan Guatemala. Sedangkan gula dihasilkan dari daerah Hawai, Masissipi, Lousiana, Karibia, dan Kuba.
- Pertambangan
Hasil-hasil pertambangan di Benua Amerika antara lain minyak bumi dan gas alam. Keduanya terdapat di Negara Meksiko dan Venezuela. Kemudian untuk batubara terdapat di daerah Pegunungan Appalachia, Chile. Selanjutnya untuk tembaga terdapat di Arizona, Peru, Bolivia, dan juga Meksiko. Sementara emas dan perak terdapat diperbatasan Missouri dan Meksiko.

BENUA AUSTRALIA

- Pertanian
Hasil pertanian penduduk antara lain buah – buahan, sayuran, tebu, dan gandum. Bahkan, sekitar 60% lahan pertanian penduduk Australia yaitu ladang gandum. Ladang gandum yang dimiliki seluas 8 juta hektar dengan penduduk yang berjumlah 22 juta orang.
- Pertambangan
Hasil tambang berupa bauksit, emas, tembaga, timah, berlian, nikel, besi, dan batu bara. Daerah yang kaya akan endapan perak, timah, dan seng, terdapat di Broken Hill. Broken Hill terletak di sebelah barat New South Wales. Broken hill merupakan gurun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA ALPUKAT KOCOK

HADIST TENTANG BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS

MACAM - MACAM SENI RUPA 3 DIMENSI