RPP KELAS 2 SEMESTER 1 DAN 2 K13

Gambar
INDAHNYA BERBAGI .... by : ERWIN NOGORI Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Suatu kegiatan pembelajaran, diperlukan sebuah rencana agar pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik. Berikut dijelaskan beberapa hal mengenai RPP. Pengertian RPP Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus (Kunandar, 2011: 263). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.  Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pem

SOAL DAN JAWABAN EKONOMI PEMBANGUNAN PRODI MANAJEMEN


BY : ERWIN NOGORI


Prodi                                    :     Manajemen
Semester                               :     V (Lima) D
Mata Kuliah                         :     Ekonomi Pembangunan



SOAL UJIAN
1.      Jelaskan 5 aspek Studi Ekonomi pembangunan!
Jawab        :
a.       Aspek Politik
Pendekatan administrsi pembangunan terkait erat, saling berhubungan dan saling mempengaruhi keadaan dan proses perkembangan politik, ekonomi, sosial dan lain-lain. Hubungan itu dapat saling bertentangan, hubungan yang netral ataupun hubungan yang saling mendukung. Ideologi politik sangat perlu karena sebagai dasar berpijak pembentukan suatu negara, untuk pembentukan suatu kesatuan politik bangsa tersebut dan usaha menuju pembinaan bangsa.
b.      Aspek Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu bagian dari proses perkembangan sosial, politik, psikologi, kebudayaan, administrasi dan ekonomi yang disebut pembangunan atau modernisasi. Negara-negara yang baru berkembang pada umumnya memberikan prioritas yang tinggi terhadap pembangunan ekonomi. Hal ini disebabkan karena perbedaan yang menyolok dalam tingkat pertumbuhan antar negara adalah bidang ekonomi materiil. Demikian pula kebutuhan-kebutuhan yang mendesak daripada negara-negara tersebut adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Keadaan ekonomi yang meningkat, diharapkan akan memberikan keesmpatan yang lebih baik untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan di bidang lain.
c.       Aspek Sosial Budaya
Berbagai aspek sosial budaya perlu mendapatkan perhatian dalam administrasi pembangunan. Seperti juga aspek kehidupan yang lain, proses pembangunan terjadi karena saling menunjangnya pembinaan berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat atau bangsa. Bahkan proses pembangunan yang sebenarnya haruslah merupakan perubahan sosial-budaya. Pembangunan supaya menjadi suatu proses yang dapat bergerak maju sendiri tergantung kepada manusia dan struktur sosialnya. Jadi bukan hanya yang dikonsespsikan sebagai usaha pemerintah belaka. Pembangunan tergantung dari suatu proses emansipasi diri. Dan bahwa partisipasi kreatif dalam proses pembangunan menjadi mungkin karena proses pendewasaan
d.      Aspek Perkembangan Ilmu, Teknologi dan Lingkungan Fisik
Administrasi pembangunan juga mempunyai kaitan yang erat dengan pengembangan ilmu dan teknologi. Administrsi pembangunan perlu memberikan sarana administrasi yang memungkinkan pertumbuhan ilmu dan teknologi. Seringkali administrsi pemerintah tidak memberikan cukup perhatian dan penghargaan kepada tenaga-tenaga ilmu dan penelitian. Dalam rangka proses pembangunan, maka perlu diusahakan berbagai pengetahuan dan teknologi dari dalam dan luar negeri. Salah satu hal yang penting dalam rangka hubungan perkembangan ilmu dan teknologi dengan administrasi pembangunan adalah bagaimana caranya ilmu dan teknologi dapat merupakan sumber yang penting dalam proses perumusan kebijaksanaan dan pelaksanaan pembangunan. Dengan demikan kebijaksanaan negara atau pemerintah memberi perhatian terhadap prospek masa depan, berdasar perkembangan ilmu dan teknologi. Perumusan kebijakan dengan demikian didasarkan juga atas sumbangan dari disiplin ilmu.
e.       Aspek institusionil
Aspek institusionil berkaitan erat dengan aspek-aspek yang diuraikan di atas. Karena pembinaan dan pengembangan aspek institusionil yang perlu diperhatikan dalam administrasi pembangunan meliputi pembinaan institusi politik, institusi ekonomi, institusi sosial, pendidikan dan lain-lain. Proses pembaharuan dan pembangunan juga merupakan suatu proses pembinaan institusi di dalam masyarakat yang baru dan bahkan mungkin penghapusan institusi masyarakat yang lama. Pengembangan institusi merupakan bagian dari proses pengembangan sosial yang lebih luas. Proses itu bukan saja akan terbina atau terhapusnya suatu institusi, tetapi jika sering terjadi perubahan dari pada unsur institusi misalnya saja di bidang institusi keluarga besar menjadi keluarga inti. Ekonomi uang sebagai suatu institusi juga bertambah meluas, sehingga ekonomi serba dua menjadi masa lampau.
2.      Pada Aspek Keuangan di temukan istilah di perusahaan, Accounting Rate of return (ARR), Internal Rate of Return (IRR), payback period (PP), Net Present Value (NPV), beserta Profitability Index (PI) apabila memenuhi, simpulkan perusahaan tersebut layak atau tidak?
Jawab        :
Perusahaan tersebut layak karena telah memenuhi beberapa metode. Setiap metode yang digunakan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dalam penilaian suatu usaha hendaknya penilai menggunakan beberapa metode sekaligus. Artinya, semakin banyak metode yang digunakan, maka semakin memberikan gambaran yang lengkap sehingga diharapkan memberikan hasil yang akan diperoleh menjadi lebih sempurna.
Adapun kriteria yang biasa digunakan untuk menentukan kelayakan suatu usaha atau investasi adalah :              
a.       Payback Periode (PP)
b.      Average Rate of Return (ARR)
c.       Net Present Value (NPV)
d.      Internal Rate of Return (IRR)
e.       Profitability Index (PI)
f.       Return On Investment (ROI)
g.      Return On Equity (ROE)
h.      Return On Assets (ROA)
i.        Rasio-rasio keuangan
3.      Apa saja Yang terdapat dalam aspek teknis dan teknologi?Jelaskan!
Jawab        :
Aspek teknis dalam SKB ialah aspek yang berkenaan dengan pengoperasian dan proses pembangunan proyek secara teknis setelah proyek/bisnis tersebut selesai dibangun/didirikan. Berdasarkan analisis ini pula dapat diketahui rancangan awal penaksiran biaya investasi termasuk start up cost/pra operasional proyek yang akan dilaksanakan.
Studi aspek teknis dan teknologi akan mengungkapkan kebutuhan apa yang diperlukan dan bagaimana secara teknis proses produksi akan dilaksanakan. Untuk bisnis industri manufaktur, misalnya, perlu dikaji mengenai kapasitas produksi, jenis teknologi yang dipakai, pemakaian peralatan dan mesin, lokasi pabrik, dan tata-letak pabrik yang paling menguntungkan. lalu dari kesimpulan itu, dapat dibuat rencana jumlah biaya pengadaan harta tetapnya.
4.      Mengapa aspek Manajemen SDA sangat penting, kemukakan alasan anda!
Jawab        :
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu kebijakan dan praktik (proses)yang dibutuhkan untuk menjalankan aspek atau sumber daya manusia dari posisi seorang manajemen. Manajemen Sumber Daya Manusia ini meliputi beberapa aspek mulai dari perekrutan, penyaringan, pelatihan, pengembangan mutu hingga penilaian. Untuk lebih luasnya Manajemen Sumber Daya Manusia meliputi analisis jabatan, merencanakan dan merekrut calon pekerja, menyeleksi para calon perkerja, memberi orientasi dan pelatihan karyawan baru, menata cara mengkompensasi karyawan, menyediakan kesejahteraan, menilai kinerja, komunikasi, pelatihan untuk pengembangan, membangun komitmen karyawan, serta menangani keluhan dan relasi tenaga kerja.
Dengan memahami Manajemen Sumber Daya Manusia dengan benar, dapat membantu organisasi maupun perusahaan untuk menghindari kesalahan-kesalahan seperti memperkerjakan orang yang tidak cocok dengan bidangnya, perputaran karyawan yang tinggi, dan kesalahan-kesalahan lainnya.
5.      Berikan Kesan dan pesan dalam mengikuti kuliah ini!
Jawab        :
a.       Kesan : Banyak sekali kesan yang saya ambil, dalam mata kuliah ini salah satu contohnya adalah saya dapat menambah wawasan saya tentang dunia tekologi yang sangat berkembang pesat di era globalisasi ini, dan salah satu factor perkembangan itu sendiri adalah melakukan sistem melalui email.
b.      Pesan : pesan saya adalah sering terjadi gangguan jaringan dengan email, sehingga kami para mahasiswa mengalami kesulitan dalam meng upload penulisan dan tugas-tugas yang di berikan, padahal dari jauh hari kami mengerjakan  penulisan dan tugas, tapi apabila kami tidak dapat mengupload penulisan dan tugas kami ke dalam email, dosen tidak dapat mengetahui tugas dan penulisan yang telah kita kerjakan. Harapan untuk kedepannya adalah, mata kuliah ini dapat lebih bervariasi lagi dalam tugas-tugasnya. Dan lebih dapat mengembangkan daya kreatifitas yang lebih positif. Jangan hanya sekedar yang penting selesai… hehehehehe….
kata terakhir… terima kasih banyak kepada Pak Kiagus Muhammad Zain     Basriwijaya S.Pt, M. Si yang telah mefasilitasi kami dalam proses belajar mata kuliah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA ALPUKAT KOCOK

HADIST TENTANG BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS

MACAM - MACAM SENI RUPA 3 DIMENSI