RPP KELAS 2 SEMESTER 1 DAN 2 K13

Gambar
INDAHNYA BERBAGI .... by : ERWIN NOGORI Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Suatu kegiatan pembelajaran, diperlukan sebuah rencana agar pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik. Berikut dijelaskan beberapa hal mengenai RPP. Pengertian RPP Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus (Kunandar, 2011: 263). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.  Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pem

PERBEDAAN DAN PERSAMAAN ANTARA 2 NEGARA ASEAN


BY : ERWIN NOGORI



Bidang Politik
Perbedaan
Bentuk negara: ada sebagaian yang berbentuk kerajaan seperti : Thailand, Brunei Darussalam dan Malaysia, sedangkan sebagian yang lain berbetuk republik, Misalnya : Indonesia, Singapura, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos dan Filipina.
Persamaannya adalah sama-sama memiliki SDA yang berlimpah yang apabila dapat memanfaatkannya dengan bijak dapat menambah devisa negaranya.

Bidang Larakteristik Budaya
Perbedaanya:
-Bahasa: 
Setiap negera Asean memiliki bahasa nasionalnya sendiri-sendiri, misalnya : Bahasa Indonesia (Indonesia), Bahasa Melayu (Malaysia dan Brunei), Bahasa Thai (Thailand), Tagalog (Filipina), Mandarin (Singapura), Lao (Laos), Bahasa Khmer (Kamboja), Bahasa Vietnam dan Bahasa Myanmar.
-Kesenian: 
Bentuk kesenian juga memiliki keragaman satu negara dengan negara lain di Asean, hal ini terlihat dari seni tari, seni pertunjukkan dan seni rupa yang berbeda satu dengan lainnya.
Persamaanya:
Kesenian-kesenian dari negara tersebut sama-sama merupakan potensi menjadi daya tarik bagi turis asing untuk berkunjung ke negara tersebut.

Bidang Sosial
Perbedaan:
Contohnya adalah perbedaan suku bangsa dimasing-masing negara, seperti Jawa, Sunda, Melayu, dll (Indonesia), suku bangsa Thai (Thailand), Melayu (Malaysia, Singapura dan Brunei), Tiongkok (Singapura), Tibet Burma (Myanmar), Laosian (Laos), Khmer (Kamboja), Filipino (Filipina) dan Bangsa Vietnam.
Persamaan:
Penduduk Asean sama-sama mempunyai keragaman pemeluk agama, misalnya : Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, Kong Hu Cu dan beberapa keyakinan lokal yang dimiliki oleh penduduk beberapa negara Asean.

Bidang Ekonomi
Perbedaan
Di Asean hanya Singapura yang termasuk dalam negara maju, yang lain hanya negara berkembang dan miskin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA ALPUKAT KOCOK

HADIST TENTANG BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS

MACAM - MACAM SENI RUPA 3 DIMENSI