RPP KELAS 2 SEMESTER 1 DAN 2 K13

Gambar
INDAHNYA BERBAGI .... by : ERWIN NOGORI Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Suatu kegiatan pembelajaran, diperlukan sebuah rencana agar pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik. Berikut dijelaskan beberapa hal mengenai RPP. Pengertian RPP Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus (Kunandar, 2011: 263). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.  Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pem

MACAM - MACAM SENI RUPA 3 DIMENSI


3 DIMENSI
BY : ERWIN NOGORI
1.      PATUNG


 Seni patung merupakan cabang seni rupa murni yang karyanya berbentuk tiga dimensi. Bahan yang digunakan untuk membuat patung, di antaranya kayu, batu, atau logam. 

fungsi untuk memuaskan batin di dalam ciptaannya yang lebih utama nilai keindahan yang manusia yang berisi nilai budaya diapresiasikan pola kelakuan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang ditata dengan prinsip tertentu hingga menghasilkan suatu karya yang indah dan bermakna. seni rupa murni  biasanya mempunyai keunikan atau ciri khas tersendiri.
Alat-alat yang biasanya digunakan dalam membuat patung adalah sebagai berikut.
1. Butsir,
2. Pahat,
3. meja putar
4. palu
5. Cetakan
6. Sendok adonan


2.      BENDA HIAS

Benda hias, yaitu seni kriya yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya. Contohnya hiasan dinding dan benda-banda kerajinan untuk penghias ruangan, seperti topeng dan vas bunga.
Funsinya untuk menghias benda benda yang kurang menarik , Di ciptakan hanya sebagai pajangan / hiasan dan mementingkan nilai estetika dari pada nilai pakai

Alat – alat
Pita,gunting,benang,manik-manik, kertas warna,cat


3.      KARYA SENI RUPA 3 DIMENSI TERAPAN
Karya seni ini dibuat untuk tujuan fungsional atau untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis. Karya seni rupa sebagai benda pakai yang memiliki fungsi praktis dibuat dengan pertimbangan kegunaannya dan juga keindahanya. Dengan demikian bentuk benda atau karya seni rupa tersebut akan semakin indah dilihat dan semakin nyaman digunakan. Misalnya, perabotan rumah tangga, seperti meja dan kursi, dan lemari.


Patung : suatu karya seni yang terbuat dari benda padat maupun lunak yang memiliki panjang, lebar, maupun tinggi. Biasanya, patung dibuat dengan menyerupai bentuk tertentu

fungsi untuk memuaskan batin di dalam ciptaannya yang lebih utama nilai keindahan yang manusia yang berisi nilai budaya diapresiasikan pola kelakuan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang ditata dengan prinsip tertentu hingga menghasilkan suatu karya yang indah dan bermakna. seni rupa murni  biasanya mempunyai keunikan atau ciri khas tersendiri.
Alat-alat yang biasanya digunakan dalam membuat patung adalah sebagai berikut.
1. Butsir,
2. Pahat,
3. meja putar
4. palu
5. Cetakan

4.      KRIYA

Seni Kriya : karya seni yang dibuat dengan menggunakan ketrampilan tangan dengan tetap memperhatikan fungsi dan kegunaan karya tersebut.
Fungsi
Banyak hasil produk dari seni kriya digunakan untuk benda pajangan. Seni kriya tersebut lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsinya sehingga seni kriya jenis ini mengalami berbagai pengembangan
Alat -alat
Alat utama      : alat membentuk, manggambar, mewarnai, dan mencetak
Alat bantu       : alat yang diperuntukan tidak secara khusus untuk kegiatan berkarya seni rupa tetapi sangat diperlukan.

5.      KERAMIK


Bahan cabang dari karya seni rupa yang mengolah material keramik menjadi suatu karya seni.

Berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan keramik:
·         Bahan keramik pengikat:
·         Bahan keramik pelebur:
·         Bahan keramik pengisi: silika grog (samot)
·         Bahan keramik tambahan: water glass, pyrophilit, dan talk
·         Bahan keramik mentah glasir: bahan keramik yang melalui proses pembakaran dengan suhu tertentu
·         Bahan keramik  SiO2: pasir kuarsa, lempung dan felspar
alat
·         Kayu bulat/penggiling berguna untuk membuat lempengan.
·         Meja putar berguna untuk membuat keramik bentuk lingkaran atau silinder.
·         Tali pemotong berguna untuk memotong tanah liat atau mengambil keramik yang masih basah dari meja putar.
·         Cetakan biasanya terbuat dari gips. bentuknya persis seperti model yang akan kita buat.
·         Butsir berguna untuk membantu pembentukan tanah liat.
·         Pisau pahat berguna untuk membuat dekorasi pada keramik.
·         Sudip berguna untuk membuat hiasan saat tembikar masih basah.
·         Tungku pembakaran berguna untuk membakar keramik yang sudah kering atau keramik berglasir.

6.      SENI ARSITEK

Seni Arsitektur : karya seni merancang suatu bentuk dari bangunan. Tidak hanya merancang, tetapi juga membangun suatu bangunan

Fungsinya Dalam arsitektur dianggap sebagai bentukan seni, sehingga arsitektur yang fungsional diartikan sebagai suatu bentukan yang artisitk dan memiliki nilai-nilai keindahan.
Alat
1.      pensil gambar
2.      pena
3.      jangka
4.      sepasang penggaris segi tiga
5.      kertas gambar is
6.      meja gambar
7.      mesin gambar
8.      mal lengkung
9.      alat bantu pelengkung
10.  karet penghapus
11.  letra film , letra tone , sil houte
12.  warna

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA ALPUKAT KOCOK

HADIST TENTANG BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS