RPP KELAS 2 SEMESTER 1 DAN 2 K13

Gambar
INDAHNYA BERBAGI .... by : ERWIN NOGORI Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Suatu kegiatan pembelajaran, diperlukan sebuah rencana agar pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik. Berikut dijelaskan beberapa hal mengenai RPP. Pengertian RPP Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus (Kunandar, 2011: 263). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.  Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP adalah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pem

ALAT ALAT DI LABORATORIUM RESEP


Pengertian dan Fungsi Laboratorium

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
“Laboratorium adalah tempat atau kamar tertentu yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengadakan percobaan (penyelidikan dsb).
Menurut Oxford Dictionary
“Laboratorium adalah ruang atau bangunan yang dilengkapi dengan peralatan untuk melakukan percobaan ilmiah, penelitian, praktek pembelajaran, atau pembuatan obat-obatan dan bahan-bahan kimia”
Menurut PERMENPAN No. 3 Tahun 2010
“Laboratorium adalah unit penunjang akademik pada sebuah lembaga pendidikan yang berupa ruangan tertutup atau terbuka, bersifat permanen atau bergerak, dikelola secara sistematis untuk kegiatan pengujian, kalibrasi, dan atau produksi dalam skala terbatas dengan menggunakan peralatan dan bahan berdasarkan metode keilmuan tertentu, dalam rangka pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan/atau pengabdian kepada masyarakat.”

Fungsi Laboratorium :

  1.   Laboratorium sebagai sumber belajar
Tujuan pembelajaran fisika dengan banyaknya variasi yang dapat digali, diungkapkan, dan dikembangkan dari laboratorium. Laboratorium digunakan sebagai sumber untuk memecahkan masalah atau melakukan percobaan. Berbagai masalah yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran terdiri dari 3 ranah yaitu ranah pengetahuan, ranah sikap, dan ranah keterampilan/afektif.

      2. Laboratorium sebagai metode pembelajaran
Di dalam laboratorium terdapat dua metode dalam pembelajaran yaitu metode percobaan dan metode pengamatan

      3. Laboratorium sebagai prasarana pendidikan atau wadah proses pembelajaran

Laboratorium sebagai prasarana pendidikan atau Laboratorium terdiri dari ruang yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dengan bermacam-macam kondisi yang dapat dikendalikan, khususnya peralatan untuk melakukan percobaan.

17 ALAT ALAT DI LABORATORIUM RESEP

1. Sendok Tanduk
Sendok tanduk aneka Ukuran. Sendok tanduk merupakan sendok yang unik dan natural terbuat dari tanduk kerbau atau sapi. Dibuat secara manual dengan tangan tanpa mesin. Sendok Obat Kecil biasa digunakan di apotek untuk meracik obat.



2. Batang Pengaduk
Fungsi nya untuk mengaduk zat yang cair,terbuat dari kaca panjang. Jadi mudah untuk mengaduk.



3. Cawan Penguap
Yang ini fungsinya untuk menimbang sediaan cair, bisa juga untuk meleburkan bahan setengah padat untuk sediaan salep. ukurannya ada yang kecil dan besar tergantung sediaan yang akan kita timbang.





4.Erlenmayer
Fungsinya yang ini yaitu,untuk mencampurkan sediaan yang mudah menguap. karena mulut erlenmayer lebih kecil dari pada beakerglass Jadi caranya di goyangkan,tangan kita pegangnya  lehernya. 



5. mortir dan stampher
Nah kalau yang pasti sudah tahu. Ya.. fungsinya untuk menumbuk atau menghaluskan bahan obat,bisa juga untuk mencampur,tapi bahannya yang padat. Seperti,puyer atau tablet. Kalau pegangan atau untuk menggerus dinamakan stampher,dan Tempatnaya mortir






6.Gelas Ukur
Nah kalau yang ini namanya gelas ukur,pasti fungsinya untuk mengukur cairan yang kita butuhkan. Tapi kalau mau mengukur cairan lebih baik memakai ini saja,jangan memakai erlen meyer atau sejenisnya. Karena kadang tidak akurat. 



7. Beker Gelas/Gelas Beker
Kalau yang ini fungsinya untuk mengaduk,dan memakai batang pengaduk.



8. sendok poselen

sendok porselen berfungsi untuk mengambil sediaan yang merusak zat organik 




9. Kaca Arloji/ gelas arloji
Fungsinya untuk menimbang bahan yang padat di timbangan.




10. Kasa asbes
Ini yang namanya kasa asbes. Jadi sudah dijelaskan tadi,untuk membakar cairan setengah padat menggunakan cawan penguap. Jadi,sebagai pelapisnya gitu. Di bawah kasa asbes baru spirtus. 



11. Gelas Spirtus
Nah yang ini tempat untuk membakarnya atau wadah spirtusnya. Jadi di dalam tutupnya itu ada sumbu gitu,nanti dinyalain pakai korek. 





12. Pinset/ Penjepit
Kalau yang ini mungkin sudah sering lihat. Ya penjepit atau pinset. Jadi pinset ini berfungsi untuk mengambil bahan atau cawan penguap. dan untuk mengambil anak timbangan.



13. Sudip
Itu fungsinya untuk membersihkan dan mengambil sisa-sisa obat yang masih tersisa di dalam mortir, dan untuk memasukkan sediaan ke wadah.



14.pipet
pipet fungsinya untuk mengambil sediaan cair yang jumlahnya sedikit contohnya air dan alkohol.





15.Waterbath
Yang ini untuk melebur sediaan setengah padat menjadi cair biasanya untuk sediaan salep 



16. Timbangan gram
Ada dua jenis timbangan,yaitu,timbangan gram dan timbangan miligram... yang dibawah ini adalah timbangan gram karena timbangan ini digunakan untuk menimbang sediaan dengan bobot gram.





17.  Timbangan miligram
timbangan yang dibawah ini adalah timbangan miligram, karna timbangan ini hanya digunakan untuk menimbang baan obat dalam bobot miligram 


TERIMAKASIH !!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA ALPUKAT KOCOK

HADIST TENTANG BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS

MACAM - MACAM SENI RUPA 3 DIMENSI